, , ,

Estimasi Biaya Bangun Rumah Per Meter Paling Lengkap

by -45 views
Estimasi Biaya Bangun Rumah Per Meter Paling Lengkap
Estimasi Biaya Bangun Rumah Per Meter Paling Lengkap

PERDANA PROPERTY – Rumah di KPR umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Jadi bila ingin memiliki model yang berbeda harus membangun sendiri,biaya bangun rumah per meter pun dapat diatur. Biayanya dapat disesuaikan dengan budget serta kebutuhan Anda.

Biaya yang harus dikeluarkan dalam membangun rumah memang cukup banyak. Sehingga sebelumnya harus diperhitungkan dulu berapa biaya yang dikeluarkan. Jadi ketika sudah memulai pembangunan, tidak lagi kelayakan kalau ada pengeluaran tidak terduga.

Estimasi Biaya Bangun Rumah Per Meter

Membangun rumah dengan model minimalis memerlukan dana sekitar 100 juta. Biaya yang dikeluarkan belum termasuk harga tanah. Alasan itu pula yang harus diperhitungkan sebagai bagian dari biaya bangun rumah per meter. Informasi di bawah ini akan merinci apa saja yang yang harus diperhitungkan.

Tenaga Kerja

Dalam membangun rumah biasanya ada tiga sistem yang berlaku. Sistem tersebut berupa sistem jasa harian, borongan jasa dan borongan penuh. Biaya yang dikeluarkan pada tiap sistem berbeda-beda jumlahnya.

Jasa harian berkisar 100-150 ribu/hari,berbeda dengan borongan jasa yang mencapai 600-800 ribu/meter. Lain lagi dengan sistem borongan penuh yang jauh lebih mahal, sekitar 3-5 juta/hari.

Ukuran Tanah Dan Rumah

Harga tanah tergantung pada lokasi di mana rumah Anda akan dibangun. Harga tanah di Jakarta saat ini ada yang sampai 2 juta/meter, tetapi harga di kota lain tentu berbeda. Luas tanah yang dibeli juga akan memengaruhi luas bangunan nantinya.

Selain tanah, Anda juga harus memperhitungkan harga material untuk bahan bangunan. Bahan ini berupa pasir, semen, batak, genteng, keramik dan sebagainya. Jika masih belum terlalu paham apa saja yang harus dibeli, Anda bisa bertanya pada kepala proyek.

Biaya Tidak Terduga

Ketika membangun rumah, sebaiknya persiapkan dana untuk pengeluaran yang tidak terduga. Anggaran ini bisa juga dipergunakan dalam membangun taman rumah, garasi atau keperluan lain. Anggaran untuk pengeluaran tidak terduga ini sebaiknya sekitar 10% dari jumlah biaya yang telah disiapkan.

Dengan membuat estimasi biaya bangun rumah per meter, Anda lebih mudah menyusun anggaran. Meski harga material di pasaran bisa berubah sewaktu-waktu, tetapi tidak akan jauh dari perkiraan semula.

(PNI/Property)