, , , ,

Tips Renovasi Rumah Tipe 36/72 Menjadi Dua Lantai

by -67 views
Renovasi Rumah Tipe 36/72 Menjadi Dua Lantai
Renovasi Rumah Tipe 36/72 Menjadi Dua Lantai

PERDANA PROPERTY – Masyakat umumnya membeli rumah tipe sederhana ketika baru memulai karir. Setelah usaha berkembang pesat, baru mereka berniat melakukan renovasi rumah tipe 36/72 menjadi dua lantai. Selama tidak melanggar peraturan, hal ini bisa saja dilakukan oleh sang pemilik rumah.

Rumah sederhana ini biasa dibangun pada tanah berukuran 8 x 9 meter. Sebagian besar lahan akan digunakan untuk membangun rumah. Lahan yang tersisa biasanya berfungsi sebagai carfort pada bagian rumah. Sedang sisanya berada di bagian belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman. Saat awal membeli, luas rumah ini mungkin masih dirasa mencukupi.

Tips Renovasi Rumah Tipe 36/72 Menjadi Dua Lantai

Seiring waktu, anggota keluarga akan bertambah. Rumah yang awalnya terasa cukup, mungkin sudah terasa sempit. Sehingga perlu memperbesar rumah lagi. Namun karena luas tanah tidak memungkinkan, Solusi terbaik yang ada adalah membuat rumah menjadi dua lantai.

Dalam membangun rumah menjadi dua lantai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Sebaiknya lakukan persiapan terlebih dulu agar saat melakukan renovasi, tidak banyak waktu maupun dana yang terbuang percuma. Berikut tips dalam renovasi rumah tipe 36 /72 menjadi dua lantai

Buat Daftar Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk memanggil kontraktor, lebih baik Anda membuat daftar kebutuhan ruang yang baru. Jika telah memiliki daftar, maka ada tujuan pembangunan yang jelas. Sehingga pengeluaran yang berlebihan dapat ditekan dan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Cek Harga Material

Dengan mengetahui harga material di pasaran, Anda dapat memperkirakan berapa banyak pengeluaran yang akan dibutuhkan. Untuk mengetahui harga material bisa dilakukan dengan melakukan survei. Baik survei langsung ke berbagai toko bangunan dekat lingkungan, atau mengecej melalui berbagai situs online.

Konsultasi Dengan Kontraktor

Meski sudah memiliki rancangan sendiri, tetap perlu berkonsultasi dengan kontraktor. Mereka lebih berpengalaman dan bisa menangani berbagai masalah yang mungkin akan ditemui dalam proses pembangunan. Utarakan keinginan Anda agar mendapat hasil yang maksimal dan memuaskan.

Untuk mengadakan renovasi rumah tipe 36 /72 menjadi dua lantai memang akan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Namun jika sudah dipersiapkan semenjak awal, maka rumah idaman Anda akan segera terwujud.

(PNI/property)